Header Ads

Propellerads

PPG Dan PPGT

Begitu maraknya pendirian SMK di Indonesia khususnya di Kabupaten Kapuas, Kalteng, kabupaten tempat tinggal saya, menjadi bahan pemikiran bagi saya (karena saya seorang Pendidik/Guru) untuk mencari tahu alasan alasan gencarnya pendirian SMK tersebut, ditengah kondisi SMA yang jumlah siswa dan peminat nya semakin menurun serta diambang implementasi Kurikulum 2013 yang telah menghapuskan TIK sebagai mata pelajaran pada KTSP. Berbagi informasi dari rekan rekan Pendidik yang berasal dari luar pulau, Saya menyimpulkan ada kaitan dengan Program Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi (Program PPGT). 

Oleh  karena itu Saya akan berbagi info mengenai PPGT. PPGT baru dibuka pada akhir tahun 2012, jadi mahasiswa yang diterima (termasuk teman saya) merupakan angkatan pertama. Tujuan dari PPGT ini adalah mahasiswa lulusannya nanti akan mengajar SMK di seluruh Indonesia. Oh ya oleh karena ini adalah program dari DIKTI, maka untuk latar belakang dibentuknya program PPGT ini dapat sobat lihat di http://seleksi.dikti.go.id/ppgtsmk/ . Link tersebut selain berisi tentang latar belakang dibentuknya program PPGT, juga sekaligus link untuk melakukan pendaftaran secara online.


Terdapat tahapan untuk bisa lolos menjadi mahasiswa PPGT ini, tahap pertama yaitu seleksi administrasi, tahap kedua yaitu ujian online (berkaitan dengan pengetahuan umum), dan tahap terakhir adalah wawancara. Sekedar tips saja bagi sobat yang ingin mengikuti PPGT di tahun berikutnya, apabila sudah lolos pada tahap pertama dan kedua, pada saat tahap wawancara yang terpenting adalah bagaimana kita bisa meyakinkan pewawancara bahwa kita serius mengikuti program ini dan tidak hanya ikut-ikutan apalagi coba-coba.


Apakah makna dari kata “terintegrasi”? mungkin banyak diantara sobat yang bertanya-tanya. Ok, maksud dari terintegrasi adalah bahwa pelaksanaan PPGT ini merupakan kolaborasi dari LPTK dengan politeknik. Sebagai contoh, Si A mengikuti PPGT bidang studi TIK. Kuliah Si A berada di 2 tempat, yaitu UNESA (Universitas Negeri Surabaya) dan PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya). Jadwal perkuliahan secara umum adalah 2 bulan pertama kami mendapatkan materi pedagogik di UNESA, kemudian 2 bulan berikutnya kami mendapatkan materi keahlian (RPL, TKJ, Animasi, Multimedia) di PENS, 2 bulan berikutnya kami mendapatkan materi workshop perangkat mengajar di UNESA, kemudian bulan selanjutnya adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Sekedar informasi saja, bahwa kuliah PPGT ini gratis loh sobat, malah kita mendapat beasiswa setiap bulan untuk biaya hidup.

Muncul Pertanyaan mengenai “Berapa lama nanti seseorang ditempatkan setelah lulus?” “Apakah ditempatkan di seluruh Indonesia termasuk tempat terpencil?” “Apakah ada jaminan nantinya dapat diangkat menjadi PNS?”. Untuk Jawaban ini, saya belum menemukan nya... :)

PPG vs PPGT 


Oh ya “vs” pada kalimat judul di atas bukan berarti sebuah pertarungan yah, hehe hanya saja saya ingin mengulas perbedaan antara keduanya berdasarkan persyaratannya.

PPG
PPGT
Memiliki kualifikasi akademik minimal Sarjana (S-1) atau Diploma Empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi, kecuali Program Studi PGSD dan PGPAUD.














Mengajar di satuan pendidikan di bawah binaan Kementerian Pendidikan Nasional.
Guru PNS yang mengajar pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah  (Pemda) atau guru yang dipekerjakan (DPK) pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat.
Guru bukan PNS yang berstatus guru tetap yayasan (GTY) atau guru yang mengajar pada satuan pendidikan negeri yang  memiliki Surat Keputusan dari Pemda.

Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

Memiliki masa kerja sebagai guru minimal 5 tahun.

Bersedia mengikuti pendidikan sesuai dengan peraturan yang ada dan mendapatkan ijin belajar dari Kepala sekolah dan Pemda.
Memiliki kualifikasi akademik minimal Sarjana (S-1) atau Diploma Empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi. Pada tahun 2012 bidang studi yang dibuka hanya beberapa, yaitu: teknik pendingin dan tata udara, teknologi pesawat udara, teknik perkapalan, teknologi tekstil, teknik grafika, geologi pertambangan, pariwisata, agribisnis produksi sumber daya perairan, agribisnis produk ternak, teknik otomotif, TIK, pelayaran.
bukan PNS,
fresh graduate are welcome,
GTT are welcome,
Non-kependidikan juga boleh























Tidak harus memiliki NUPTK




Tidak harus mengajar terlebih dahulu.

Bersedia mengikuti pendidikan dan ditempatkan dalam jangka waktu yang ditentukan.

Silakan download Pedoman Pelaksanaan SM3T (Sarjana Mendidik 3T) pada point ke 11.
Facebook Comment



No comments

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.